Monday, November 21, 2011

RESENSI BUKU

RESENSI BUKU

Untuk Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Aqidah Tauhid

Oleh: Lubi Nurzaman, Semester I Kelas B Fak. Psikologi UIN Sunan Gunung Djati

Judul buku : Moral Sumber Pendidikan. Sebuah Formula Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah/Madrasah.

Pengarang : Dr. Mursidin, M.Pd.

Terbit : I, Agustus 2011

Penerbit : Ghalia Indonesia

Tebal : vi+113

Harga : Rp. 35.000,00-

”Ketika pemerintah baru menyadari betapa pentingnya pendidikan moral bagi bangsa ini setelah bangsa ini terlanjur tidak bermoral, maka sudah saatnya sekolah untuk menomor satukan pendidikan moral dan guru menjadi ujung tombak penerapan pendidikan moral ini”

This is brilliant book!. Ini komentar saya ketika selesai membaca buku ini.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa saya berkomentar seperti itu. Pertama, pada pembahasan di bab awal penulis mengangkat masalah tentang hakikat manusia dari berbagai sudut pandang seperti dari segi bahasa (al-basyar, al-naas dan al-insaan), tingkatan manusia dan berbagai pandangan lain yang berhubungan dengan hakikat manusia. Kedua, penulis membahas secara mendalam hakikat pendikdikan dan mengkritik habis tentang sistem pendidikan yang hanya mengutamakan aspek kognitif yang kurang efektif dalam penerapan pendidikan moral daripada apektif yang memilki peluang sangat besar sebagai metode penerapan pendidikan moral, guru-guru yang tidak bisa menyertakan pelajaran moral dalam proses mengajar. Kedua, penulis membahas tentang moral dari berbagai sudut pandang yang berbeda seperti dari segi bahasa, objek dimana moral itu berada dan berbagai konsep baik itu konsep yang sudah ada maupun konsep baru. Ketiga, penulis begitu cerdas melihat realita pendidkan sekarang yang hanya memiliki konsep tentang pendidikan moral tetapi tidak ada implementasi nyata dalam kenyataannya, penulis juga menyajikan data-data yang mencengangkan seperti data tentang kasus tawuran antar pelajar, sex bebas dikalangan pelajar dan penggunaan bahasa negatif oleh guru. Keempat, penulis membahas mudahnya mendapatkan pendidikan moral dari segala sesuatu yang ada di sekeliling kita seperti WC, pintu, kursi dll. Kelima, penulis tidak hanya mengkriktik orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan terutama para guru dan intitusi pendidikan tetapi penulis juga memberikan solusi konkrit tentang cara-cara efektif menerapkan pendidikan moral baik berdasarkan teori-teori pendidikan populer yang berasal dari literatur islam dan literatur umum maupun berdasarkan pandangan penulis sendiri.

Buku ini wajib untuk ditelaah oleh para guru, dosen, mahasiswa, terutama yang berkecimpung di dunia pendidikan dan menjadi referensi untuk menjadi seorang pendidik yang baik dan bercita-cita menjadikan pendidkan moral sebagai tulang punggung pendidkan di Indonesia.

Karya manusia memang tidak ada yang sempurna, manusia adalah tempat salah dan lupa. Demikian juga dalam buku ini, saya menemukan beberapa kekurangan seperti banyak kata-kata yang rancu, adanya sumber kutipan yang tidak sesuai dengan kenyataan seperti waruwu@gmail.com penulis seperti bermaksud mengatakan itu adalah sebuah alamat website yang bisa diakses oleh siapapun padahal itu adalah alamat email yang sifatnya pribadi setelah saya mencoba mengakses alamat itu ternyata malah di arahkan ke akun email dari gmail dan tentunya saya tidak menemukan kutipan yang dimaksud, banyak bahasa dan susunan kalimat yang sulit dimengerti, kurang interaktif dalam penyampaiannya, kurangnya ilustrasi dalam bentuk gambar karena dengan adanya ilustrasi yang jelas dan menarik akan semakin memudahkan pembaca untuk memahami maksud dan tujuan yang terkandung dalam isi tulisan yang banyak menggunakan bahasa yang multitfasir seperti dengan membolak-balikan kata.

Demikianlah resensi buku ini, semoga bermanfaat….

No comments:

Post a Comment